• put your amazing slogan here!

    Menghapus file Sampah dengan Bleachbit di Linux Ubuntu



    Bleachbit Ubuntu

    Habis Ngecek-Ngecek Partisi di Ubuntu. Terasa aneh di hati ini, soalnya makin hari space di partisi tersebut semakin berkurang.Walaupun saya sering menginstall Aplikasi, tapi Sizenya tidak terlalu besar. Ditambah lagi saat membuka Aplikasi di Ubuntu, terasa sedikit lebih lambat dari hari-hari sebelumnya. Dalam hati, saya mengira bahwa Ubuntu saya terserang Virus atau Varianya.


    Dan mungkin juga ada file-file sampah yang tertumpuk setiap hari. Lalu saya langsung ingat aplikasi pembersih sampah di Winndows, Ccleaner. Nah, langsung deh saya cari Ccleaner di Ubuntu Software Center, dan ternyata Aplikasi tersebut tidak tersedia di Ubuntu ku ini. Lalu saya ketikan lagi ”Cleaner” di kotak pencarian Ubuntu software center. Dan muncul beberapa aplikasi dengan deskripsi ”Cleaner”. Langsung aja saya cari Aplikasi yang memiliki Rating tertinggi, dan saya menemukan Bleachbit . Dilihat dari Testimonalnya, banyak orang yang Menyukai aplikasi tersebut. Ok, dengan Rating yang tinggi serta Testimonal yang banyak, saya langsung menginstallnya.

    Setelah saya coba, aplikasi ini sangat Bagus dan Lebih baik dari pada Ccleaner di windows #MenurutSaya. Kelebihan aplikasi ini yaitu, menghapus Paket lama yang sudah tidak digunakan di Linux, selain itu masih banyak lagi kelebihan-kelebihanya, silahkan cari sendiri kelebihannya. Oh iya, setelah aplikasi ini Terinstall, ada dua Shortcut Bleachbit, yang pertama ”Bleachbit” dan yang kedua ”Bleachbit(as root)". Shortcut Bleachbit biasa menurut saya digunakan untuk menghapus file system yang tidak membutuhkan akses root. Kalau Bleachbit(as root) menurut saya fungsinya untuk menghapus file sampah yang membutuhkan akses root untuk menghapusnya.

    Nah, jika kamu ingin menginstall Aplikasi ini, kamu bisa mengetikan ”Bleachbit” di kotak pencarian Ubuntu Software Center, dan bisa langsung menginstallnya. Atau bisa dengan cara mengetikkan perintah di bawah ini pada terminal.

    $ sudo apt-get install bleachbit

    Untuk menggunakannya caranya dibawah ini :
    ketikkan bleachbit  di unity dash 


    Setelah muncul aplikasi bleachbit, berikan tanda centang untuk aplikasi yang menurut anda hanya menjadi sampah, dan tekan tombol delete lalu tekan yes/delete.


    Selesai, Semoga bermanfaat :)

    0 komentar:

     
    Free Music Online
    Free Music Online

    free music at divine-music.info