• put your amazing slogan here!

    Mengkonversi Semua Format Dokumen Dengan Ubuntu



    Tips ini adalah tentang bagaimana mengkonversi format dokumen (yang didukung oleh LibreOffice) ke pdf, doc. docx, xls, xlsx, odt, ods.

    Ada banyak cara untuk mengkonversi dokumen, salah satu yang biasa digunakan adalah converter online. Melalui tips ini, tidak hanya menyelesaikan masalah anda, tapi juga anda dapat membantu orang lain untuk mengkonversi dokumen mereka melalui server anda (Anda dapat membangun web converter Portal ).

    Untuk melakukannya, aplikasi yang perlu kita instal adalah unoconv, LibreOffice, dan Ubuntu 11.04 atau versi terbaru, mengapa anda memerlukan Ubuntu 11.04 atau diatasnya? versi sebelumnya (dari LibreOffice / OpenOffice) tidak mendukung untuk dokumen docx dan xlsx.
    Pada Ubuntu, LibreOffice versi defaulty telah terinstal, cukup upgrade ke versi terbaru.

    $ sudo apt-get install libreoffice

    unoconv adalah sebuah utilitas command yang dapat mengkonversi format dokumen (doc, docx. odt, ods, xls, xlsx) yang dapat di impor oleh LibreOffice, ke format file (xml, pdf, doc, docx. odt, ods, xls, xlsx ) yang mampu di ekspor oleh LibreOffice.


    untuk menginstalnya ketikan perintah ini di terminal :

    $ sudo apt-get install unoconv

    Instalasi LibreOffice lebih dari cukup untuk menjawab kebutuhan anda dalam mengkonversi dokumen, tapi untuk beberapa alasan unoconv dapat di andalkan (meskipun menggunakan library yang sama) ketika output file dibutuhkan oleh aplikasi lain.

    Untuk mengkonversi dokumen, anda harus melakukannya melalui terminal, mempersiapkan dokumen yang akan dikonversi dalam folder (bisa terdiri dari beberapa sub-folder), dan gunakan perintah berikut:

    unoconv [options] ke-file dari-file

    *Convert dari xls ke pdf

    unoconv -f pdf dokumen.xls

    *Convert dari png ke jpg

    unoconv -f jpg gambar.png

    *Convert dari docx ke pdf

    unoconv -f pdf *.docx

    *Convert dari xlsx ke ods

    unoconv -f ods *.xlsx

    *Concert dari csv ke xlsx

    unoconv -f xlsx *.csv

    *Convert dari cvs ke ods

    unoconv -f ods *.csv
    Anda dapat mengubah pilihan, asal, tujuan dan format sesuai dengan kebutuhan anda. Beberapa format dokumen yang didukung oleh aplikasi ini adalah pdf, ODF, odt, ods, xls, xlsx, doc, docx, rtf, ppt, pptx, csv, png, jpg, bmp dan svg.

    0 komentar:

     
    Free Music Online
    Free Music Online

    free music at divine-music.info